Aker Solution dan Statoil raih Penghargaan Innovasi ONS

Akes Solutions dan Statoil telah dianugerahi Penghargaan Inovasi “ ONS Innovation Award” untuk Asgard Subsea Gas Compression System.

“This Technology memiliki potensi untuk mengubah pembangunan ladang gas lepas pantai. Dengan perkiraan pertumbuhan pembangunan bawah laut, “subsea compression” akan menjadi tersebar luas, mendapatkan dampak lebih sebagaimana perpindahan proyek ke perairan lebih dalam dan jauh dari pantai. Kami sangat senang mendapatkan penghargaan prestisius ini,” ujar Asmud Boe, Chief Technology Officer dari Aker Solutions.

ONS Innovation Awards, yang pertama kali dipersembahkan di tahun 1982, mengakui pentingnya produk dan solusi mutakhir. Hari ini penghargaan 2012 diberikan pada Aker Solutions dan Statoil untuk mengakui teknologi “Subsea Compression”.

Di 2015 stasiun pertama dengan Subsea Gas Compression di Dunia akan mulai beroperasi di ladang Asgard, lepas pantai Norwegia. Hal ini akan meningkatkan tekanan gas jatuh dariwaduk satelit Midgards dan Mikkel, memungkinkan produksi yang stabil berkelanjutan dan memungkinkan 280 barel tambghan setara minyak akan dipulihkan. Proyek ini diperasikan oleh statoil dan dihantarkan oleh Aker Solution.

Subsea Compression meningkatkan pemulihan dan memberikan banyak keuntungan disbanding dengan alternative menginstal platform baru. Keuntungan lebih lanjut termasuk pengurangan investasi dan biaya operasi, dampak lingkungan lebih kecil dan operasi yang lebih aman.

Reservoir tekanan dalam memproduksi ladang gas akan jatuh dari waktu ke waktu, menyebabkan produksi gas menurun, untuk produksi berkelanjutan dan memaksimalkan pemulihan ladang, tekanan gas harus dinaikkan atau produksi akan berhenti.

Hingga saat ini, solusinya adalah memasang komresor gas pada platform yang ada, atau membangun platform kompresi baru ber awak. Sebuah alternative yang lebih hemat biaya adalah menginstal kompresor pada seabed, di dekat wellhead untuk meningkatkan pemulihan, sementara mengurangi keseluruhan modal dan biaya operasi.

Lebih dari 30 tahun ini, telah menjadi tujuan utama bagi insdustri untuk berusaha mengubah konsep-konsep menjadi kenyataan. Proyek ‘subsea gas compression’ Asgard akan menjadi yang pertama didunia memenuhi tujuan tersebut. Dua kompresor bawah laut 11.5MW dengan citarasa seni akan dipasang di ladang pada 2015, menghindari kebutuhan untuk menginstal platform semi-submersible baru.

Categories