Alaska Melihat Jepang Sebagai Peluang Menjual Gas Alam

Alaska berharap bisa meningkatkan ekspor gas alam ke Jepang. Senator Alaska, Lisa Murkowski telah melakukan perjalanan ke Jepang untuk membahas ekspor dengan pejabat pemerintah, demikian dilaporkan US News.

Laporan US News tersebut mengatakan, booming shale gas di Amerika Serikat telah menghilangkan pasar domestik bagi gas dari Alaska. Hal ini juga memaksa Negara bagian utara AS ini mencari peluang ekspor. Japan telah meningkatkan kebutuhan atas bahan bakar alternative sejak Negara tersebut menutup sejumlah reactor nuklir akibat bencana pembangkit listrik Fukushima Daiichi.

“Mereka benar-benar tidak memiliki sumber daya lain,” tukas juru bicara Murkowski. “Ada ketertarikan (terhadap gas alam Alaska) tetapi infrastrukturnya belum dibangun. Alaska relative lebih dekat dengan Jepang dibanding 48 negara bagian lainnya, sehingga masuk akal untuk mengapalkan gas Alaska ke sana.”

Murkowski adalah petinggi Partai Republik untuk Komite Energi dan Sumber Daya Alam. Ia telah lama menjadi pendukung kemungkinan pipa gas yang bisa mengirim gas alam dari Alaska ke pasar Asia.

 

Categories