Amerika Serikat akan Menunjukkan Hubungan Antara Bisnis Minyak Iran dan Militer

Menteri Keuangan Timothy Geithner akan menyajikan bukti-bukti kepada kongres Amerika, bersaksi tentang hubungan antara Perusahaan Minyak Nasional Iran dengan Islamic Revolutionary Guard Corps, demikian seperti dilaporkan Bloomberg.

Revolutionary Guard diberdayakan sebagai kekuatan militer internal dan telah dituduh atas pelanggaran hak asasi manusia dan mendukung teroris dalam kapasitasnya.

Namun kelompok tersebut telah menjadi kekuatan politik besar selama decade terakhir, muncul sebagai salah satu kekutan pendorong di belakan ambisi nukir Iran,

Geithner berencana menunjukkan bahwa Garda Revolusi tersebut menarik sebagian besar NIOC ( Perusahaan Migas Nasional Iran), yang menyumbang lebih dari setengah dari semua pendapatan Iran. Namun penyelidikan tidak menunjukkan bukti hubungan dengan National Iranian Tanker Company.

Kongres memerlukan bukti dari pemerintahan Obama, menunjukkan bukti hubungan tersebut untuk menyetujui sanksi baru bagi Iran awal tahun ini.

Associated Press melaporkan bahwa Revolutionary Guards telah menyarankan kemungkinan serangan preemptive ke pangkalan militer AS di Timur Tengah pada peristiwa serangan oleh Israel, yang semakin meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Categories