Anadarko Umumkan Temuan Sumber Migas di Lepas Pantai Ghana

Anadarko Petroleum Corporation, 18 Juli silam mengumumkan telah menemukan sumber minyak di sumur eksplorasi  Wawa-1, yang  berlokasi di Deepwater Tano Block, lepas pantai Republik Ghana. Dari Wawa-1, Anandarko menemukan sekitar  13 meter oil pay dan 20 meter gas-condensate pay dalam sebuah waduk Turonian-aged.

Sampel penemuan menunjukkan kualitas minyak yang cukup baik, antara 38-44 derajat API. Data tekanan menunjukkan penemuan di sumur Wawa adalah akumulasi terpisah dari komplek TEN (Tweneboa Enyenra and Ntomme) yang berdekatan.

“Penemuan di Wawa ini memperluas kehadiran formasi hydrocarbon-bearing lebih dari  10 kilometer dari sumur Enyenra-3A,” ujar Bob Daniels, Senior Vice President Anadarko (International and Deepwater Exploration). “Penemuan ini meningkatkan nilai kompleks TEN, yang menambah kemajuan pengembangan yang direncanakan. Rencana kemitraan untuk eksplorasi lanjutan terhadap Deepwater Tano Block telah kami jadwalkan tahun ini untuk sumur tambahan di Okura dan Sapele,” lanjut Bob Daniels.

Sumur eksplorasi  Wawa-1 terletak sekitar 587 meter dari air. Sumur ini akan dibor dengan kedalaman hingga 3.322 meter.  Setelah operasi di sumur Wawa selesai, sumur ini akan ditangguhkan untuk penggunaan  di masa depan dengan pengembangan dan penilaian lebih lanjut.

Anadarko sendiri memegang 18% kepemilikan (working interest) di Deepwater Tano Block. Sejumlah mitra Anadarko di block ini diantaranya Tullow Oil (49.95% working interest & operator), Kosmos Energy (18% working interest), Sabre Oil & Gas Holdings Ltd(4.05% working interest) dan Ghana National Petroleum Corporation (10% carried interest).

Categories