Analisa Dampak Produksi Shale Gas pada Pasar Etilen Global di Masa Datang

Nexant Inc. hari ini mengumumkan peluncuran laporan khusus terkait prakiraan mengenai Shale Gas(gas serpih) produksi Amerika Uara dan dampaknynya pada harga gas alam dan gas alam cair. Laporan bertajuk “ Nexant report – North American Shale Gas: Oportunity or Threat for Global Ethylene Producers” mengkaji penurunan harga gas alam dan peningkatan produksi gas cair yang didorong oleh peningkatan dramatis dalam produksi gas serpih Amerika Utra selama lima tahun terakhir.

Peningkatan produksi ini telah menjadi pendorong utama untuk memperbaharui profitabilitas dan pertumbuhan industry Petrokimia Amerika Utara.

Perusahaan-perusahaan kini mempertimbangkan penambahan kapastias tambahan besar di Amerika Serikat untuk pertama kalinya dalam beberapa dasawarsa. Ini adalah jawaban atas peningkatan marjin dan perubahan   daya saing AS karena harga Etana realatif menarik terhadap Nafta, bahan baku utama ‘steam cracker feedstock’ di pasar utama lain. Secara khusus, beberapa penambahan kapasitas brownfield sedang dipertimbangkan, seperti halnya proyek-proyek greenfield di Pantai Teluk AS dan TimurLaut AS dekat sumber Marcellus Shale Gas.

Penambahan kapasitas besar sedang terus dikembangkan meskipun pertumbuhan perminyakan Amerika Utara untuk produk turuanan Etilen selama lima sampai sepuluh tahun ke depan diperkirakan tidak mampu menyerap lebih dari peningkatan kecil dalam produksi regional.

Meskipun perubahan luar biasa menjadikan industry olefin di Amerika Utara semakin kompetitif dan meningkatkan prospeknya, namun masa depan industry ini  tetap tunduk pada beberapa hal tak pasti. Beberapa hal tidak pasti tersebut diantaranya:

  • Akankan rendahnya harga gas alam saat ini memberikan dampak negatif terhadap pertumbuhan produksi gas serpih Amerika Utara di masa depan?
  • Akankan masalah lingkungan menyebabkan lahirnya aturan baru yang akan membatasi produksi  gas serpih Amerika Utara?
  • Bagaimanakan perbedaan skenario produksi gas serpih Amerika Utara mempengaruhi ketersediaan etana sebagai bahan baku petrokimia?
  • Pasar ekspor mana yang bisa menyerap produksi etilen turunan dari Amerika Utara dan daerah pemasok mana yang akan mendapat dampak terbesar?

Untuk mengatasi masalah (pertanyaan-pertanyaan) ini, laporan yang disusun Nexant didasarkan pada keahlian mereka yang luas di bidang produksi shale gas (gas serpih), pasokan NGL Amerika Utara, dinamika pasar petrokimia dan daya saing daerah produksi etilen.

Categories