Angin Global dan Solar PV Mengalami Pertumbuhan yang Kuat

Meskipun masa ekonomi yang sulit dan perkembangan peraturan semakin tidak pasti, tenaga angin dan regulasi global surya fotovoltaik (PV) kapasitas tumbuh dengan kuat pada tahun 2012. Kapasitas angin kumulatif meningkat sekitar 19 persen dan mencapai 282 gigawatt. Kapasitas surya kumulatif PV melampaui 100 gigawatt-mark. Sekitar 30 gigawatts solar PV terhubung ke grid.

Kapasitas angin kumulatif tumbuh 44,7 GW atau sekitar 19 persen dan mencapai 282 GW, menurut statistik Global Wind Energy Council (GWEC).

China dan AS bersaing untuk posisi pemimpin pasar di lebih dari 13 GW kapasitas baru. Rekor setahun untuk instalasi AS dan pasar yang lebih lambat di China berarti bahwa kedua negara semua tetap sejajar untuk posisi teratas pada tahun 2012.

“Sementara China berhenti untuk menarik napas, pasar Amerika Serikat dan Eropa memiliki tahun yang sangat kuat”, kata Steve Sawyer, Sekretaris Jenderal Global Wind Energy Council.

“Asia masih memimpin pasar global, tetapi dengan Amerika Utara di posisi kedua, dan Eropa tidak terlalu jauh di belakang,” tambahnya.

Kedua pasar Cina dan India agak melambat tahun 2012 lalu. Pasar konsolidasi dan rasionalisasi di Cina, dan kebijakan di India adalah alasan utamanya. Namun kondisi ini diharapkan akan berumur pendek, dan dominasi Asia di pasar angin global diperkirakan akan terus berlanjut.

Categories