Boeing Tunggu Persetujuan Solar Hijau Sebagai Bahan Bakar Baru Penerbangan

Produsen pesawat, Boeing, akan meminta persetujuan di akhir tahun ini untuk menggunakan campuran solar ramah lingkungan sebagai bahan bakar alternative dari Jet A untuk pesawat bermesin turbin.

Dan jika disetujui, Boeing percaya bahwa sumber bahan bakar terbarukan ini bisa menjadi awal dari tujuan industri penerbangan untuk menemukan pengganti Jet-A dengan kandungan emisi berbahaya jauh lebih sedikit. “Solar hijau” menjadi menarik lantaran telah diproduksi dalam volume, memiliki karakteristik kimia yang sama seperti minyak tanah dan menghasilkan emisi berbahaya lebih sedikit.

Manager Director for Environmental Strategy & Integration Boeing, Julie Felgar menyetujui bahwa solar hijau ini bagi industri penerbangan mungkin hanya tampak seperti sebuah langkah kecil. “Namun lompatan besar terhadap komersialisasi biofuel penerbangan,” ujarnya.

Tantangan klasik yang dihadapi oleh industri penerbangan dalam mengkonversi bahan bakar adalah biaya tinggi dan keterbatasan distribusi, terutama di masa awal transisi sebelum sumber energi baru betul-betul stabil. Boeing percaya bahwa penerbangan, terutama di AS bisa mulai menggunakan bahan bakar dengan harga terjangkau segera setelah pengajuan Boeing disetujui oleh regulator.

Categories