BP Menjual Saham di Dreaugen pada Shell

BP mengumumkan Jumat lalu, bahwa mereka setuju untuk menjual 18,36 persen saham non-operated di ladang Draugen, Laut Norwegia untuk AS Norske Shell senilai tunai $240 juta.

Perjanjuan tersebut adalah contoh lebih lanjut dari manajemen aktif BP bagi portofolio mereka di Laut Utara, memfokuskan Investasi pada aset bernilai tinggi dengan potensi pertumbuhan jangka panjang, sambil merealisasikan nilai ases non-inti.

“BP adalah investor yang signifikan di Norwegia dan dalam tahap akhir menyelesaikan dua proyek besar, ladang Skarv dan pengembangan ulang ladang Valhall, yang  akan sangat meningkatkan produksi kami dari negeri ini,” ujar Rebecca Wiles, Managing Director BP Norwegia.

“Investasi ini, bersama-sama dengan operasi kami yang berkelanjutan dari ladang Ula, menggarisbawaji komitment jangka panjang kami pada Norwegia,” lanjut Rebecca.

Dengan start-up dari Skarv dan pembangunan ulang Valhall, produksi BP di Norwegia diharapka lebih dari dua kali lipat, lebih dari 60.000 barel setara minyak perhari.

Proyek pembangunan ulang Valhall melibatkan instralasi platform baru, memperluas produksi ladang mencapai tahun 2050. Proyek Skarv melibatkan penyimpanan produksi mengambang baru dan kapal offloading (FPSO) di Laut Norwegia, diharapkan akan menghasilkan selama 25 tahun dan menjadi kunci penghubung untuk BP di Norwegia. Investasi signifikan telah dibuat di Ula dan ladang ini diharapkan bisa berproduksi hingga 2028.

Produksi bersih BP dari Draugen, yang dioperasikan oleh Shell, rata- rata sekitar 6000 barel per hari. Penyelesaian kesepakatan diantisipasi sampai akhir 2012, menantiakan persetujuan regulator.

Dengan  pengumuman ini, BP kini memasuki perjanjian untuk menjual aset dengan nilai sekitar $33 triliun antara 2010 dan 2013 sebagai mana BP memfokuskan bisnisnya di seluruh dunia pada kekuatan dan peluang untuk pertumbuhan.

Categories