BP menunda kelanjutan Proyek Eksplorasi Liberty di Lepas Pantai Alaska

BP Exploration Alaska Inc. menangguhkan Proyek ladang minyak Liberty di lepas pantai Laut Beaufort Alaska. Penangguhan proyek ini masi tanpa batas waktu mengingat prose rekayasa proyek yang masing menggantung dan keadaan ekonomi yang dinilai kurang mendukung. BP sendiri mengatakan kemungkinan mendesain ulang proyek ini secara keseluruhan.

Salah satu unit kerja BP sendiri telah merencanakan pengeboran minyak hampir sedalam 2 mil dengan offset 8 mil ( data Oil Gas Joournal 2006)

Semula BP mengharapkan produksi minyak dimulai pada 2012 di “Liberty field” menggunakan Rig darat untuk mengebor ‘ultraextended-reach wells’. Kapasitas produksi ‘Liberty fields” sendiri diperhitungkan mencapai 4.000barel/hari dengan  estimasi ultimate recovery mencapai 100 juta bbl minyak.

“Setelah melalui review menyeluruh proses rekayasa proyek dan kondisi ekonimo, BP memutuskan untuk tidak melanjutkan proyek Liberty dalam kondisi yang ada sekarang,” tukas Jurubicara British Petroleum, Dawn Patience. “ BP juga dalam proses renegosiasi dengan regulator untuk mendiskusikan potensi kedepan dengan proyek ini,” tandas Dawn Patience.

Masih menutut Patience, usaha modifikasi yang diperlukan untuk pengeboran “ultraextended-reach wells” menyesuaikan standard BP akan meningkatkan nilai proyek melebihi nilai perkiraan asal senilai $1.5 triliun.

Penundaan yang dilakukan BP akan mencakup proses review mendalam selama 18 bulan terhadap system rig, analisis resiko ekonomi dan proyek dan asesmen terkait regulator.

Categories