Cairn Ambil Alih 7,490 km2 Kilang Lepas Pantai di Senegal

Cairn Energy PLC akan mengambil alih dari perusahaan Australia dan menjadi operator untuk tiga blok eksplorasi lepas pantai di Senegal. Mereka akan mengakuisisi 65% saham Rufisque, Sangomar dan blok Sangomar Deep dengan sejumlah proyek pengeboran yang telah dikerjakan.

Sementara pemilik sebelumnya, FAR Ltd., Melbourne, memiliki saham sebesar 25% dan perusahaan negara Petrosen menguasai sisanya (10%). FAR Ltd., mengatakan bahwa sumur dimaksud sudah dapat dibor di awal 2014. Cairn akan mendanai 100% dari satu sumur eksplorasi. Setelah itu biaya eksplorasi akan dibagi dengan porsi Cairn 72.2% dan FAR 27.8% ementara Petrosen akan bertindak sebagai si carrier. Sebagai bagian dari transaksi, Cairn juga akan membayar 72.2% dari biaya yang telah FAR keluarkan untuk blok tersebut senilai $10 juta.

Ketiga blok dengan total luas 7,490 km2 ini berada di dekat pantai di bagian paling produktif di Senegal: Mautitania-Senegal-Guinea-Bissau. Sekitar 2,050 km2 dari luas tersebut telah disurvey dengan menggunakan seismic 3D.

Categories