CNPC Bangun Jalur Pipa Gas Jiangsu ke Shanghai

China National Petroleum Corp (CNPC) telah menandatngani perjanjian kerangka kerjasama  denga Shenergy Group dan Yangkou Port Co. Ltduntuk membangun jalur pipa gas alam Rudong-Haimen-Chongming.

Jalur pipa sepanjang 89.5 km tersebut akan mengantarkan gas alam sebesar 2.4 milyar cu m/tahun dari propinsi Jiangsu ke Pulau Chongming di Shanghai. Jalur dimaksud akan melayani sumber gas terbesar ke tiga untuk Shanghai setelah West-East Gas Pipelines sekaligus menjadi transportasi untuk regasified LNG dari terminal di Rudong saat dibutuhkan.

PetroChina menugaskan terminal berkapasitas 3.5 juta ton/tahun di Rudong pada 2011, dimulai dengan muatan dari QatarGas di Mei dan menyelesaikan prosesnya di November. Terminal LNG Pertama di Cina milik PetroChina, Rudong, diharapkan akan mendapatkan pasokan utama dari proyekGorgon Australia yang rencananya mulai produksi pada 2014. CNPC, Shenergy dan Yangkou Port akan bersama-sama membangun dan mengoperasikan jalur pipa serta diharapkan akan mulai beroperasi di 2014.

Categories