CNPC Membeli Saham di Ladang Gas Lepas Pantai Mozambik Milik Eni

China National Petroleum Corp (CNPC) mengakuisisi saham di ladang gas alam lepas pantai Mozambik di Area 4 dari Eni SPA sebesar $4,2 miliar. Kedua perusahaan juga menanda tangani perjanjian studi bersama yang meliputi blok shale gas di Rongchang, Cina.

Petrochina Co. Ltd., yang dikendalikan oleh CNPC mengakuisisi 28.57% saham Eni East Africa. Eni East Africa memiliki 70 interest di Area 4. Dengan operasi ini, CNPC secara tidak langsung mengakuisisi 20% saham di Area 4, sementara itu Eni tetap memegang kepemilikan 50%.

Penutupan transaksi CNPC-Eni tetap tunduk pada otorisasi yang diperlukan dari pemerintah Mozambik.

Sisa sahamdari Area 4 dipegang oleh Korea Gas Corp. dan Galp Energia, masing-masing  10%, sementara itu BUMN milik Mozambik, ENH memegang 10% melalui tahap eksplorasi.

Eni telah mengatakan, mereka berharap untuk mengambil keputusan investasi akhir proyek Mozambik pada tahun 2014. Mamba Complex di Area 4 diperkirakan mengandung 75 tcf gas di tempat.

Perjanjian studi bersama melibatkan kemungkinan kerjasama pengembangan dari blok shale gas Rongchang, yang mencakup sekitar 2.000 km persegi di cekungan Sichuan. Perjanjian ini memungkinkan studi wilayah sambil menjalankan negoisasi secara serentak untuk penandatanganan perjanjian pembagian produksi.

Categories