ConocoPhillips Memilih Keluar dari Dua Blok Eksplorasi di Peru

ConocoPhillips (NYSE: COP) selasa ini mengumumkan keputusan untuk tidak melanjutkan kegiatan eksplorasi lebih lanjut di blok Peru 123 dan 129. Keputusan mengundurkan diri sebagai operator dan memilih keluar dari periode ekplorasi berikutnya merupakan strategi perusahaan untuk mengoptimalkan portofolio aset.

“Merupakan keputusan yang sangat sulit untuk meninggalkan blok ini di mana kami telah berkerja sat erat dengan masyarakat lokal dan menunjukkan kemampuan kami untuk berkerja secara bertanggung jawab di daerah yang lingkungannya sensitive,” ujar Larr Archibald, senior vice president of exploration ConocoPhillips. “ setelah pertimbangan cermat, kami mencapai keputusan ini sebagai bagian dari upaya strategis perusahaan yang lebih luas untuk mengevasluasi kembali investasi dan portofolio aset sejak menjadi perusahaan E&P.”

Kepemilikan ConocoPhillips di Blok Peru tersebut, sebesar 45% akan dipindahkan ke Gran Tierra Energy Peru SRL, dengan peran operator blok sesuai persetujuan pemerintah. ConocoPhillips akan bekerja sama dengan Perupetro, lembaga perijinan minyak Peru dan Gran Tierra Energy Peru SRL untuk memfasilitasi transisi yang efisien.

ConocoPhilips baru-baru ini menyelesaikan dua putaran kegiatan eksplorasi seismic di Blok 123 dan 129. Perusahaan ini bangga dengan hubungan yang kuat yang telah dibangun selama beberapa tahun dengan sekitar 60 komunitas di sekitar blok di Marañon Basin. ConocoPhillips juga menghargai dukungan yang diberikan pemerintah Peru dan pemangku kepentingan lainnya.

Categories