Di Afsel, Ribuan Penguin Diperiksa Akibat Tumpahan Solar

Sekitar 4.000 penguin dan 400 sarang berbagai burung laut terkontaminasi akibat tumpahnya 10.000 liter solar dari kapal pukat Connect yang membawa 10.000 liter solar dan 80 liter oli mesin akibat kandas 5 km dari Betty’s Bay Marine Protected Area.

Kawasan tersebut ditutup untuk sementara lantaran phak otoritas siap untuk memeriksa penguin dan burung laut yang tekena imbas dari tumpahnya bahan bakar mesin diesel tersebut.

Juru bicara CapeNature, Justin Lawrence mengatakan meskipun bahan bakar diesel itu tidak terlihat dan pihak berwenang tidak dapat menentukan seberapa jauh sebaran tumpahan solar, namun koloni telah dibuka kembali dan penguin serta burung laut lainnya dapat kembali.

Sementara petugas Otoritas Keselamatan Maritim Afsel, Gustav Louw mengatakan bahwa timnya bertanggung jawab untuk membersihkan lokasi tumpaha. Kendati menghadapi kendala bau solar yang cukup kuat saat mereka masuk ke serpihan bangkai kapal. “Untungnya solar menguap dan hilang, jadi tidak akan mengancam lingkungan sekitar,” ujarnya.

Categories