Di AS, Mesin Diesel Kian Populer

Mobil dan truk yang menggunakan mesin berbahan bakar solar sangat populer di Eropa ketimbang mobil yang mengadopsi mesin bensin biasa. Dan jika sebelumnya mesin diesel kurang digemari di AS lantaran standar emisi yang ketat, maka belakangan hal tersebut sudah berbeda. Mesin diesel ramah lingkungan yang modern kini menjadi alternative dari mesin bensin.

Dikenal memiliki umur lebih panjang, lebih kuat dan lebih ekonomis, mesin diesel memberikan banyak keuntungan untuk sektor transportasi. Dan mempertahankan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien untuk mengerjakan tugas-tugas berat merupakan salah satu kelebihan mesin peminum solar ini.

“Mesin berbahan bakar bensin sebenarnya memiliki jumlah torsi yang sama, namun harus menggunakan bahan bakar lebih banyak untuk mencapai ke sana. Sementara mesin diesel sangat kaya akan torsi dan tenaga. Maka diesel tentunya jauh lebih ekonomis,” ujar pemilik dealer Frei Chevrolet di AS, Jim Grundstrom.

Namun kendati mobil dan truk berbahan bakar solar berbandrol sedikit lebih mahal di banding mesin bensin, banyak konsumen di AS yang bersedia keluar uang ekstra lantaran tenaga dan durabilitasnya. “Apalagi jenis mesin ini handal untuk dipaksa bekerja di musim dingin,” tambah Grundstrom.

Categories