Dua Jalur Pipa Gas akan Dibangun di Irak Utara

Dua jalur pipa sepanjang 86 mil akan dibangun di Irak utara. Pipa-pipa ini akan mentransfer gas alam kering dan gas alam cair dari kita Kirkuk ke Beiji dengan kesepakatan yang sudah ditandatangani, demikian dilaporkan oleh The Washington Post.

KOGAS, sebuah BUMN Korea Selatan menandatangani perjanjian untuk membangun pipa senilai $125 juta, laporan tadi menyatakan konstruksi diharapkan akan selesai pada September 2014.

KOGAS juga mengerjakan proyek lain di wilayah Irak – mengembangkan dua ladang gas, salah satunya di bagian barat negri tersebut di perbatasan dengan Suriah dan satu lainnya ada di sisi timur. The Associated Press melaporkan, sejak 2008, Irah telah memberikan 15 kontrak minyak dan gas.

Ekspor minyak membentuk sebagian besar pendapatan bagi perekonomian dan pemerintah Irak. Saat ini Irak memproduksi sekitar 3,4 juta barel minyak per hari, dengan 2,6 juta barel per hari dikirimkan keluar negeri. Perjanjian terbaru yang ditandatangain dengan KOGAS pada 23 Oktober lalu merupakan upaya Irak untuk meningkatkan infrastruktur energy dan peningkatan produksi hingga 5-6 juta barel perhari pada tahun 201 dan 9-10 barel per hari pada 2020.

Categories