EIA: Produksi Minyak Suriah Kemungkinan Pulih Bertahun-Tahun

Energy Information Administration AS mengatakan produksi minyak dan gas Suriah tidak mungkin pulih dalam waktu dekat karena konflik yang sedang berlangsung antara pemerintah dan pasukan oposisi Suriah.

EIA juga mengatakan bahwa produksi minyak Suriah telah menurun secara dramatis sejak Maret 2011 karena konflik dan pengenaan sanksi oleh negara-negara Barat yang menimbulkan kerugian dari pendapatan ekspor minyak.

Meskipun produksi gas alam Suriah tidak terpengaruh secara signifikan karena minyak, EIA memperkirakan produksi gas kering turun oleh setidaknya 30% dibandingkan dengan tingkat produksi pra-konflik.

“Bahkan ketika pertempuran reda, akan memakan waktu berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun, untuk sistem energi dalam negeri Suriah untuk mengembalikan status operasi pra-konflik,” kata EIA.

“Produksi dan ekspor minyak mentah telah jatuh menjadi hampir nol, dan negara menghadapi kekurangan pasokan untuk beberapa produk olahan.”

Laman OGJ memperkirakan cadangan minyak Suriah sebesar 2,5 milyar bbl per 1 Januari lebih besar dari semua tetangga Suriah kecuali Irak.

Categories