Eksplorasi Minyak Lepas Pantai Mendapat Dukungan NASA

Badan Antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) bermaksud untu membantu insinyur di sebuah perusahaan robotika Norwegia mendesain sebuah sistem yang bisa mengurangi kebutuhan personil on-site di rig minyak lepas pantai, demikian disebutkan dalam sebuah laporan Bloomberg.

Robotic Drilling System AS telah mengembangkan robot yang mampu menyelesaikan beberapa tugas yang lebih monotonous dan sering berbahaya, pekerjaan yang diperlukan dalam eksplorasi minyak lepas pantai.Robot tersebut akan menggunakan program berfikir adaptif untuk merespon kondisi, sementara itu lengan robotik bertenaga namun sensitive akan memungkinkan robot tersebut memanipulasi komponen yang berat dan besar.

Perusahaan tersebut telah menandatangani perjanjian dengan NASA untuk berbagi informasi tentang proyek-proyek seperti diantaranya Curiosity rover yang baru-baru ini sukses mendarat di permukaan Mars. Pertukaran informasi ini memungkinkan para insinyur untuk mengambil keuntungan dari pengalaman dalam kondisi lingkungan dimana terdapat kesamaan kesulitan untuk menyediakan ‘on-site control’.

Mark Reese, president of rig solutions di National Oilwell Varco menjelaskan bahwa, keunggulan dari proyek ini mencerminkan perubahan dalam industri minyak.

“Di masa lalu, inilah yang dinantikan, ‘kita membutuhkan lebih dan lebih banyak orang dan pengalaman, dan itulah satu-satunya cara untuk menyelesaikan tugas ini,’” tukas Reese.

The Washington Post mencatat bahwa Nasa memiliki lebih banyak hal yang bisa ditawarkan ditahun-tahun mendatang, dengan sebuah proposal proyek untuk pengeboran ke dalam permukaan Mars yang akan berlangsung.

Categories