Eni Mengumumkan Penemuan Penting di Mozambik

Eni mengumumkan penemuan ‘raksasa’ gas alam di bagian timur Area 4, lepas pantai Mozambik yang merupakan prospek eksplorasi Mamba North East 2. Penemuan ini adalah sumur eksplorasi kelima yang berhasil dibor di area tersebut.

Penemuan baru ini setidaknya menambah 10 triliun cubic feet(tcf) gas di Area 4. Hal ini juga mengkonfirmasi sedikitnya ada 62 TCF gas di tempat yang sudah ditemukan. Sumber daya yang secara khusus berlokasi di Area 4 setidaknya ada 20 tcf tambahan gas.

Hasil ini lebih lanjut meningkatkan total potensi penemuan di Area 4, yang kini diperkirakan mencapai 70 tcf gas di tempat tersebut.

Mamba North East 2, di mana Eni melaksanakan tes produksi dibor dengan kedalaman 1994 meter dari air mencapai kedalaman total 5365 meter. Sumur tersebut terletak sekitar 9 kilometer timur Mamba North East 1 dan sekitar 23 kilometer dari Mamba South 1, 60 kilometer lepas pantai Capo Delgado.

Sumur tersebut mencapai temuan gas setelah 200meter. Gas ‘tertumpuk’ dalam beberapa lapisan Oligocene berkualitastinggi, Pasir Eocene dan Paleocene. Penemuan ini telah membuktikan keberadaan ‘komunikasihidrolik’ antara reservoir Oligocene di Mamba North East 1 dan Mamba South 1 melalu ikolom gas unik 460 meter.Terakhir Mamba North East 2 telah mengidentifikasi peran eksplorasi di Paleocene secara terbatas di Area 4.

Eni adalah operator  “Area 4” di Mozambik dengan hak partisipasi 70%. Mitra lain dari Join venture adalah Galp Energia (10%), KOGAS (10%) dan ENH (10% memalui tahap eksplorasi).

Categories