ExxonMobil akan Mengeksplorasi Lepas Pantai Afrika Selatan

Exxon Mobil Corporation mengumumkan bahwa afiliasinya, ExxonMobil Exploration & Production South Africa Limited akan segera memulai aktivitas eksplorasi di lepas pantai Afrika Selatan.

“Kami percaya Afrika Selatan memiliki Potensi yang signifikan dan kami akan terus mencari peluang tambahan di sana.”

Afiliasi ExxonMobil menandatangani perjanjian dengan Impact Africa Limited (Impact), anak perusahaan Impact Oil & Gas Limited, untuk mengakuisisi 75% “participating interest” di area hak eksplorasi Tugela Selatan dan akan menjadi operator. Berdasarkan perjanjian tersebut, afiliasi juga memiliki hak untuk mengakuisisi 75% “participating interest” hak eksplorasi di masa depan pada tiga area lepas pantai yang termasuk dalam izin kerjasama teknis yang saat ini dipegang oleh Impact. Hak eksplorasi ini dan ‘participating interest’ milik afiliasi di dalamnya akna tunduk pada persetujuan pemerintah Afrika Selatan.

Hak Eksplorasi Tugela Selatan mencakup sekitar 2.8juta hektar area lepas pantai Durban di pantai timur Afrika Selatan dengan kedalaman air yang membentang dari garis pantai hingga sekitar 6500 kaki. Hak eksplorasi di masa mendatang akan mencakup tambahan 16 juta hektar area lepas pantai dengan kedalaman air yang membentang dari garis pantai mencapai 9.800 kaki.

Secara terpisah, afiliasi ExxonMobil juga telah melaksanakan izin kerjasama teknis dengan pemerintah Afrika Selatan untuk mempelajari potensi hidrokarbon dari bawah laut cekungan Durban seluas sekitar 12.4 juta hektar lepas pantai Durban. Izin kerjasama teknis tersebut merupakan hak eksklusif untuk mempelajari daerah tersebut selama satu tahun. Afiliasi ExxonMobil dapat mengajukan permohonan kepada pemerintah Afrika Selatan untuk melakukan perpanjangan hak eksplorasi bila ingin mengeksplorasi lebih lanjut.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Impact dan pemerintah Afrika Selatan untuk mengeksplorasi minyak dan gas di daerah baru ini untuk ExxonMobil,” tukas Stephen M Greenlee, presiden ExxonMobile Exploration Company. “Kami percaya Afrika Selatan memiliki potensi signifikan dan kami akan melanjutkan untuk terus mencari peluang tambahan di sana.”

Categories