IEA : Peta Energi Harus Berkembang Menjadi Berkelanjutan

Fondasi dari sistem energi bergeser, dan salah satu perubahan terbesar adalah bagaimana permintaan minyak dan gas bergerak menjauh dari negara anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dan menuju negara-negara berkembang. Selama 2013 Offshore Energy Conference di Aberdeen minggu lalu, Capella Festa, analis energi senior di International Energy Agency (IEA), menguraikan bahwa pergeseran pasar tak terelakkan dalam bauran energi di cakrawala sampai 2035.

Selain perubahan permintaan, pergeseran energi lainnya termasuk kebangkitan produksi minyak dan gas di negara-negara seperti Irak, Brasil, dan yang paling mencolok, Amerika Serikat. Efisiensi energi dan harga mendapatkan perhatian yang lebih politis, dan ini secara fundamental dapat mengubah pola permintaan katanya.

“Dalam hal ini mengubah peta energi, orang bertanya tentang implikasi itu berkaitan dengan daya saing dan perbedaan harga yang berbeda. Juga, dengan perubahan permintaan, apa artinya ini bagi geopolitik? ” ujar Festa.

Categories