Industri Tanker Minyak akan Terkena Dampak Kenaikan Minyak Serpih AS

Sebagai mana produksi minyak Amerika Serikat terus meningkat berkat eksplorasi minyak non-konvensional, impor minyak Negara itu mulai menurun dari waktu ke waktu. Sementara itu, hal ini menjadi daya jual bagi sejumlah elit politk di Amerika, hal ini juga bisa memicu penurunan besar bagi industri kapal tanker minyak global. Demikian menurut laporan analisa Platts.

Sebuah laporan terbaru dari perusahaan jasa keuangan Norwegia, DNB menunjukkan bahwa pertumbuhan armada tanker minyak bisa turun drastic hingga separuhnya pada tahun depan. Angka pertumbuhan 9 persen diperkirakan akan turun ke angka 4 persen pada tahun depan. Laporan DNB memperoyeksikan pada 2014, industri tak akan lagi melihat perumbuhan nyata jumlah armada atau penggunaannya secara keseluruhan.

“Impor minyak mentah AS melalui jalur laut akan menurun drastic dalam tahun-tahun mendatang, terutama karena kenaikan besar dalam produksi minyak mentah yang telah diharapkan,” seperti terpapar dalam laporan tersebut. “ Semua hal lain akan tetap sama dan berdampak negative pada pasar tanker minyak.”

Tingkat pemanfaatan kemungkinan akan perlahan turun setelah penurunan tajam pada tahun depan, kecuali secara luas, berkat pelannya pertumbuhan jumlah armada.

Bloomberg mencatat bahwa peningkatan ekspor Meksiko ke Asia akan memberikan sedikit dukungan pada keberlangsungan industry tanker, namun tidak akan berhubungan dengan penurunan impor AS.

Categories