Irak Tambah Investasi Minyak dan Gas Hingga 130 Milyar Dolar AS

Irak berencana untuk berinvestasi sekitar 130 miliar dolar AS selama lima tahun ke depan untuk menghasilkan output hingga tiga kali lipat. Saat ini, Irak mampu menghasilkan 3,25 juta barel minyak dan gas per hari, ujar Menteri Perminyakan Irak, beberapa waktu lalu.

Abdul Karim Luaiby, Menteri Perminyakan Irak, mengatakan bahwa negaranya akan mengalokasikan 18 miliar dolar AS untuk meningkatkan produksi gas alam dan 25 miliar dolar AS untuk meningkatkan kapasitas kilang. Luaiby mengharapkan dari rencana investasi ini, Irak akan mendapatkan sekitar 600 miliar dolar AS di masa depan.

Irak sendiri telah meningkatkan produksi minyak mentah tahun lalu sebesar 24 persen berkat kesepakatannya dengan beberapa perusahaan minyak seperti Royal Dutch Shell, BP PLC, Exxon Mobil Corp. Eni SpA, OAO Lukoil Holdings, dan China National Petroleum Corp.

Sebagai catatan, ekspor minyak mentah Irak telah meningkat selama beberapa bulan terakhir dan menjadikan mereka sebagai Negara Pengekspor Minyak terbesar kedua di dunia.

Categories