Iran Alokasikan Dana USD 8 Triliun Untuk Membangun Kilang Minyak

Iran dikabarkan akan mengalokasikan dana sekitar USD 8 triliun untuk memperbaiki kilang minyak yang mereka miliki. Dana akan digunakan untuk meningkatkan efisiensi kilang minyak di Teheran, Arak, Bandar Abbas, dan kilang Abadan.

Selain untuk membangun kilang minyak baru, produksi ini diproyeksikan akan digenjot di semua fasilitas.

Pada tanggal 12 Januari lalu, kantor berita Mehr mengutip Deputi Direktur Standar Organisasi Iran, Bahador Kazemi, yang mengatakan bahwa penyuling Iran akan diminta untuk menyediakan bensin berstandar Euro-4 dari awal tahun kalender berikutnya yaitu 21 Maret 2013.

Kata Kazemi, bensin yang diproduksi saat ini baru memenuhi standar Euro-2. Untuk itulah kilang baru didirikan supaya mampu memproduksi bensin yang memenuhi standar Euro-4 dan Euro-5.

Pada bulan Desember 2012,Deputi Direktur Organisasi Perlindungan Lingkungan, Ali-Mohammad Sha’eri, mengatakan bahwa sekitar 50 juta liter bensin dan solar berstandar Euro-4  dan 5 akan diproduksi di Iran pada akhir tahun ini.

Bahan bakarnya sendiri akan diproduksi di kilang Shazand, Tondgouyan, Abadan, dan kilang Lavan, Sha’eri menambahkan.

Pada bulan Oktober 2012, Produksi Minyak Nasional Iran dan Direktur Perusahaan Distribusi Managing, Alireza Zeighami mengatakan bahwa Iran saat ini memproduksi 25 juta liter bensin premium per hari yang memenuhi standar Euro-4 dan Euro-5.

Outputnya, negara itu diproyeksikan bisa memproduksi 70 juta liter per hari pada akhir tahun kalender berikutnya. Dia juga mengatakan bahwa produksi bahan bakar diesel akan mencapai 95 juta liter per hari pada akhir tahun tanggalan Iran saat ini, dengan 25 juta liter output berstandar  Euro-4 dan Euro-5.

Categories