Iran Ancam Hentikan Ekspor Minyak Jika Sangsi Diperketat

Beberapa negara barat telah memberlakukan sanksi keras terhadap Iran dalam upaya mengekang program nuklir. Mereka mengatakan bahwa Iran saat ini sedang dalam proses untuk memproduksi senjata atom.

“Jika sanksi tersebut diperketat, maka kami akan menghentikan ekspor minyak,” jelas Menteri Perminyakan Iran, Rostam Qasemi di hadapan wartawan di Dubai.

Pernyataan terbaru dari Qasemi ini merupakan serangkaian ancaman pembalasan dari Teheran untuk menanggapi sanksi  yang tekah menimbulkan ketegangan politik di Timur Tengah. Menurut analis, hal ini juga telah menyebabkan ekspor minyak Iran menurun drastis.

“Kami telah mempersiapkan beberapa rencana untuk tetap menjalankan negara ini tanpa pendapatan sepeserpun dari minyak. Sejauh ini kami belum mendapatkan masalah serius, namun jika sangsi terus diperbaharui, maka kami akan masuk ke ‘Plan B’. Jika kalian terus menambah sangsi, maka kita akan memangkas ekspor oli ke seluruh dunia. Kami berharap hal ini tidak terjadi, karena masyarakat akan menderita. Kami tidak ingin melihat penduduk di Eropa dan Amerika Serikat menderita,” jelas Qasemi.

Categories