Israel Bekerja dengan Palestina untuk Hasilkan Kesepakatan Gas di Gaza

Israel dan salah satu kelompok pemerintah Palestina sedang mengusahakan sebuah kesepakatan yang memungkinkan eksplorasi gas alam di lepas pantai Gaza di Laut Mediterania, demikian dilaporkan Reuters.

Palestina berada di bawah blokade terus menerus baik melalui darat dan laut, menjadikannya hampir mustahil untuk mengadakan perdagangan.

Namun utusan perdamaian dan mantan Perdana Menteri Tony Blair mampu bernegosiasi dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, untuk membukaperairan pantai barat Jalur Gaza. Pada gilirannya otoritas Palestina akan mampu mengumpukan pekerjaan pada semua hasil produksi gas alam.

“Pengembangan ladang gas perairan Gaza akan menghasilkan pendapatan yang dapat berkontribusi secara dramatis terhadap keberlanjutan fiskal Palestina,” tukas Menteri Luar Negeri Israel.

Tantangan terbesarnya adalah, bahwa Jalur Gaza secara actual tidak benar-benar berada di bawah kendali Otoritas Palestina, terkecuali memisahkan diri dari kelompok Hamaz. Keduanya baru-baru ini terlibat dalam perang saudara, dan eksplorasi gas lepas pantai dapat memperburuk konfil antara keduanya.

“Israel Business” melaporkan bahwa Lithuania bisa mulai meningkatkan impor dari Israel, menghasilkan pasar yang lebih besar untuk produksi air Palestina.

Categories