Kanada Tolak Pengambilalihan Progress Energy oleh Petronas

Pemerintah Kanada mengejutkan industri energi pada Jumat malam lalu (19/10) dengan pengumuman bahwa mereka menolak tawaran pengambilalihan Progras Energy Resource Corp oleh Petroliam Masional Berhad (Petronas) milik Malaysia. Demikian dilaporkan Bloomberg.

Petronas telah menawarkan uang sejumlah $5.9 miliar untuk membeli perusahaan eksplorasi minyak terbesar di Kanada itu, menjadi salah satu kesepakatan penting mereka dengan perusahaan asing.

Namun demikian, pejabat Kanada memutuskan untuk benar-benar menegakkan aturan yang mengharuskan perusahaan menunjukkan bagaimana pengambilalihan keuntungan Negara.

“Saya merasa seperti ini adalah percobaan pada bagain dari pemerintah meminta penjelasan lebih lanjut bagaimana kesepakatan ini akan menjadi keuntungan bersih dan mungkin di masa depan transaksi ini harus memiliki bagian dari transaksi yang dikeluarkan,” ujar salah seorang portofolio manager kepada Financial Post.

Kenyataannya, penolakan tersebut diperkirakan dapat mengakibatkan kerugian yang signifikan bagi saham energy secara keseluruhan.

Sebaliknya, the Financial Post melaporkan bahwa keputusan bisa memiliki konsekuensi besar untuk penawaran pembelian dari NExen oleh China National Offshore Oil Corporation, yang baru-baru ini telah mengumunkan pengambil alihan Celtic Exploration

Categories