Lebanon Memiliki 30 Triliun cf Gas Lepas Pantai

Menteri Energi Lebanon mengatakan bahwa survei awal lahan lepas pantai Lebanon menunjukkan cadangan 30 triliun kubik gas alam dan 600 juta barel minyak. Ia menambahkan bahwa proses produksi bisa dimulai dalam waktu empat tahun.

Berbicara di Arab Economic Forum, Gebrane Bassil mengatakan pemindaian ini sudah lengkap 70% dari perairan teritorial negara itu.

“Hanya 10 persen dari daerah itu, kami memiliki 30 triliun kaki kubik (850 juta meter kubik) gas dan 660 juta barel minyak,” ujar Bassil.

Berbicara kepada AFP, Bassil mengatakan jumlah tersebut sangat besar dan menjanjikan sebagai perkiraan awal. Menurutnya, produksi dari sumber tersebut bisa dilakukan tergantung dengan kecepatan fase ekslporasi dan instalasi sumur. Tapi secara teoritis hal itu membutuhkan waktu sekitar 3-7 tahun.

“Jika kami bisa memenuhi semua tenggat waktu, kami berharap bisa menyelesaikan tahap eksplorasi pertama dalam periode antara 2016 dan 2017, dan mulai setelahnya yaitu pengembangan serta produksi,” kata Bassil.

Bulan lalu, Bassil mengumumkan 46 perusahaan yang telah memenuhi syarat untuk mengajukan tawaran/bidding pada putaran pertama lisensi eksplorasi ladang lepas pantai Lebanon. 12 diantaranya memenuhi syarat untuk menjadi operator.

Categories