Nigeria Denda Shell $5 juta Akibat Kebocoran Minyak

Nigeria telah mengganjar Shell dengan denda sebesar $5 juta lantaran minyak dari pengeboran minyak lepas pantainya tumpah dan mengotori laut. Namun juru bucara Shell mengatakan kepada AFP bahwan hubungan tersebut tidak berdasar.

Shell terpaksa menghentikan operasi di ladang minyak Bonga di Teluk Guinea menyusul kebcoroan sekitar 40.000 barrel minyak mentah akhir tahun lalu. Menurut head of the state run National Oil Spill Detection and Response Agency, Peter Idabor, Pemerintah Nigeria memutuskan untuk memberikan denda kepada kepala operasional local Shell. Dia juga mengatakan bahwa sanksi administrative terhadap Shell Nigeria Exploration and Production Company (SNEPCO) sudah sesuai dengan praktek industry internasional.

Namun juru bicara Shell, Tony Okonedo mengatakan bahwa denda tersebut tidak beralasan karena perusahaannya telah melakukan tindakan cepat untuk  menanggulangi tumpahan tersebut.

“Kami tidak percaya ada dasar hokum seperti denda ini. Kami juga tidak percaya bahwa SNEPCO telah melakukan tindakan yang melanggar hukum di Nigeria. SNEPCO telah menanggapi insiden tersebut dengan professional dan bertindak berdasarkan peretujuan otoritas terkait yang diperlukan setiap saat untuk mencegah dampak lingkungan sebagai akibat dari insiden tersebut,” jelas Okonedo.

Pihak berwenang di Nigeria mengatakan bahwa insiden ini merupakan yang terburuk di Nigeria sejak insiden Mobil di 1998. Bonga, yang memiliki kapasitas hingga 200,000 barrel per hari berada 120 km lepas pantai Nigeria, produsen minyak terbesar di Afrika dan k e delapan di dunia.

Categories