Pemilu Tunda Kenaikan Harga Solar di India

Perusahaan minyak milik negara di India cenderung menunda kenaikan harga solar menjelang pemilihan umum. Tanggal untuk pemilu sendiri akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

” Kenaikan harga solar adalah isu yang sangat sensitif , terutama selama jajak pendapat. Karena berdampak pada anggaran rumah tangga dan memiliki efek pada semua komoditas yang diangkut melalui jalan. Karena sensitif, ada indikasi kuat dari partai yang berkuasa untuk sangat berhati-hati dalam mempertimbangkan kenaikan harga solar,” kata seorang sumber yang dikutip laman abplive.in.

Pada Januari tahun lalu, pemerintah India memberikan kesempatan kepada pengecer bahan bakar untuk menaikkan harga diesel dalam jumlah kecil setiap bulan sampai harga selaras dengan tingkat suku bunga pasar.

Namun, perbedaan antara harga ritel dan pasar gagal meminimalisir perbedaan selama satu tahun terakhir. Nilai tukar mata uang Rupee terdepresiasi sementara harga internasional tetap bertengger kokoh. India mengimpor sekitar 80 persen dari kebutuhan minyak mentah .

Selama periode April- Desember fiskal ini , perusahaan minyak milik negara telah mengalami kerugian sebesar Rs 47.655 crore pada penjualan solar di bawah harga pasar. Pada 2012-13 , kerugian penjualan solar mencapai Rs 92.061 crore.

Categories