Petrobras Umumkan Penemuan Akumulasi Baru light Oil di Sergipe-Alagoas Basin

Petrobras menginfrmasikan penemuan akumulasi minyak ringan baru di perairan ultra-dalam cekungan Sergipe-Alagoas, pada area konsesi BM-SEAL-11, terletak di blok SEAL-M-349. Penemuan ini terjadi saat pengeboran sumur 1-BRSA-1104-SES (1-SES-166).

Sumur tersebut terletak 105km dari pusat kota Aracaju, di lepas pantai Negara bagian Sergipe, pada kedalaman air 2,328 meter. Sumur ini masih dalam pengeboran dan telah mencapai kedalaman 5,768 meter. Temuan ini merupakan penemuan hidrokarbon kelima Petrobras di perairan ultra-dalam  cekungan Sergipe-Alagoas pada tahun 2012 ini. Tahun ini, Petrobras telah mengumumkan keberadaan akumulasi hydrocarbon di sumur-sumur 1-SES-168(Moita Bonita), 3-SES-165 ( Discovery Assessment Plan – Barra), 1-SES-167 (Farfan) dan 1-SES-172 (Muriu).

Penemuan di sumur 1-SES-166 yang dikenal secara informal sebagai Cumbe, terjadi di waduk pembentukan Calumbi. Penemuan ini dikonfirmasi melalui analisis data log. Studi tekanan dicatat dalam waduk dan sampel cairan mengindikasikan adanya hidricarbon ringan.

Minyak ditemukan di waduk berkualitas sangat baik, dengan ketebalan 28 meter. Petrobras adalah operator dari konsesi SEAL-M-349, dengan saham 60%, bermitra dengan IBV do Brasil (40%).

Petrobras akan melanjutkan operasi pengeboran hingga kedalaman 6.125 meter. Setelah logging terakhir strategi assesmen dari penemuan baru akan disiapkan. Langkah selanjutnya akan dilakukan dengan menyerahkan Discovery Assessment Plan ke National Petroleum, Natural Gas and Biofuels Agency (ANP).

Categories