PetroChina Tarik Tawaran untuk Menjadi Produser Gas Australia

Produsen gas alam terbesar di China, menegaskan bahwa pihaknya menarik tawaran untuk produsen gas coal-bed methane Australia, tetapi mereka akan terus berinvestasi dalam proyek-proyek Australia lain karena nilai komersial dan untuk kepentingan keamanan energi.

“Kami telah menyelesaikan sejumlah merger dan akuisisi di Australia dan akan membuat investasi lebih lanjut dalam berbagai proyek lain,” kata PetroChina dalam sebuah email. “Proyek-proyek ini memiliki signifikansi operasional dan strategis yang kuat dan akan melengkapi cadangan PetroChina di masa depan.”

WestSide Corp, yang memiliki prospek gas coal-bed methane di negara bagian Queensland, mengatakan bahwa PetroChina menarik US$ 184.700.000 yang ditawarkan untuk perusahaan. Saham WestSide turun 11% menjadi 25 sen per saham di Bursa Efek Australia.

Keputusan datang akibat kekurangan tenaga kerja dan tekanan biaya telah memeras proyek energi di Australia. PetroChina membuat tawaran untuk WestSide pada November silam, namun mundur hampir enam bulan kemudian “karena situasi umum di Australia telah berubah begitu banyak,” kata WestSide, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Categories