Petronas Memilih Teknologi Kompresor GE untuk Proyek LNG Apung Pertama di Asia

GE Oil & Gas (NYSE: GE) 25 September mengumumkan bahwa mereka akan memasok teknologi kompresor gas berpenggerak turbin pada perusahaan migas nasional Malaysia, Petronal untuk fasilitas gas alam cair terapung – Floating Liquified Natural Gas (FLNG) yang sedang dibangun di lepas pantau Malaysia.

“Kontrak dengan Petronas ini menggarisbawahi keyakinan produsen gas pada teknologi kompresor kami untuk mendukung indistri LNG global – termasuk salah satu proyek pertama FLNG yang merepresentasikan pertumbuhan inisiatif penting untuk masing-masing perusahaan,” tukas siaran pers resmi GE.

Start-up dari pasilitas FLNG tersebut dijadwalkan pada kuartal keempat 2015.  Teknologi tersbut akan ditambatkan sekitar 180 km lepas pantai Bintulu, Sarawak dan di sedain untuk memproduksi 1.2 juta ton (mpta) LNG per tahun. Setelah dialiri fasilitas tersebut akan meningkatkan kapasitas total produksi LNG Malaysia mencapai 26.9 mpta dari 25.7 mpta yang ada saat ini.

GE dianugerahi kontrak dengan Petronas terutama atas dasar teknologi serta pengalaman di sektor LNG lepas pantai. Kontrak ini juga memberikan keuntungan bagi kerangkan perjanjian global GE dengan Petronas.

“ Kami berharap dapat bekerjasama dengan Petronas dan mitra proyek lainnya untuk menunjukan bagaimana FLNG bisa membantu mengatasi kebutuhan energy Malaysia,” ujar Prady Iyyanki, president and CEO—turbomachinery for GE Oil & Gas.

Teknologi ‘compression trains’ dari GE adalah elemen vital dalam proses pencairan, yang mana mampu mendinginkan gas alam kedalam bentuk cair. Lingkup pasokan peralatan dari GE mencakup empat unit system generator turbin gas “ PGT25+G4”, dua unit kompresor penggerak turbin gas “PGT25+G4 dan dua unit modul kompresor sentrifugal berpenggerak motor listrik. GE dijadwalkan menghantarkan peralatan tersebut ke Malaysia pada Agustus 2013.

Categories