Rusia Akan Izinkan Perusahaan Swasta Kembangkan Lepas Pantai

Kementrian Sumber  Daya Alam Rusia akan menawarkan izin minyak dan gas lepas pantai kepada perusahaan swasta untuk pertam kalinya. Sampai saat ini hanya perusahaan yang dikendalikan-negara  yang diberikan akses untuk mengebor di Arctic shelf, demikian di laporkan Dow Jones. Namun, pengembang non-pemerintah seperti OAO Lukoil Holding, produsen minyak mentah no.2 di Rusia, telah mendorong pengadaan hak lisensi lepas pantai.

Menteri Sumber Daya Alam, sergei Donskoi baru-baru ini mengumumkan, setelah rapat para menteri pemerintah, bahwa perusahaan swasta dengan pengalaman yang cukup memungkinkan untuk menerima lisensi untuk blok migas Rusia seperti Arctic shelf.

The Moscow Times melaporkan bahwa perusahaan swasta mungkin menerima lisensi sejumlah 20 persen dari Arctic shelf, daerah yang secara lingkungan cukup sensitive. Gazprom dan Rosneft adalah perusahaan-perusahaan yang saat ini memiliki hak eksklusif untuk daerah lepas pantai tersebut, yang diperkirakan mengandung 98.7 miliar ton minyak dan gas. Artikel tersebut menyatakan, Gazprom adalah salah satu perusahaan yang menentang kemungkinan perusahaan swasta lain masuk ke area lepas pantai itu untuk pengeboran.

“Gazprom dalam hal ini masuk dalam katagori menentang [ide pemberian izin tadi],” tukas pimpinan Gazprom, Alexei Miller, dalam artikel tersebut. “Kami tak bisa memperkirakan jawaban atas pertanyaan, mengapa hal itu [pemberian izin] perlu.”

Categories