Sambutan Amerika Terhadap Embargo Uni Eropa untuk Iran

Gedung Putih menyambut baik pelaksanaan embargo Uni Eropa terhadap minyak produksi Iran. Mereka menyebut pelaksanaan embargo terhadap Iran tersebut adalah “bagian penting” dari respon dunia internasional terhadap program nuklir Teheran.

Sekretaris Presiden Barack Obama, Jay Carney menyatakan bahwa Amerika Serikat dan Uni Eropa berkomitmen untuk memegang tanggung jawab Iran, karena “gagal memenuhi kewajiban internasional”

“Dengan keputusan (embargo) ini, mitra kami di Uni Eropa telah menegaskan keseriusan masyarakat internasional memandang tantangan ambisi nuklir Iran,” ujar Carney. “Embargo ini merupakan bagian penting dari upaya diplomatic bersama untuk mendorong kebijakan Iran agar memilih dengan jelas, antara isolasi internasional atau menjalankan obligasinya,” tandas Carney.

Pembicaraan di level ahli akan diadakan pekan ini di Istambul, masih menurut Carney, Iran harus mengambil langkah kongkrit untuk mendapatkan resolusi komprehensif untuk menghadapi keprihatinan masyarakat dunia tentang kegiatan nuklir Iran.

Sementara itu pihak Iran berang dengan jatuhnya embargo Uni Eropa terhadap minyak mereka yang dimulai 1 Juli lalu. Iran menganggap tindakan Uni Eropa akan merugikan proses dialog internasional terkait aktivitas nuklir yang sensitif.

Pemimpin Iran menegaskan bahwa mereka tetap akan melanjutkan program atom mereka, terlepas dari kekangan dan kekhawatiran negara barat dan Dewan Keamanan PBB terhadap aktivitas diam-diam Republik Islam ini dalam membangun senjata nuklir di dalam negerinya.

Sebaliknya Kamis pecan lalu,  Amerika Serikat membebaskan hukuman bagi Singapura dan Cina dari sanksi atas pembelian minyak dari Iran, mereka mengatakan bahwa kekuatan ekonomi bersama akan menekan Teheran.

Categories