Sanksi AS Terhadap Kapal Pengiriman Minyak Iran

Amerika serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada kapal raja Yunani yang dituding diam-diam membantu Iran untuk menghindari sanksi internasional yang ketat terhadap ekspor minyaknya. Pemerintahan Obama mengatakan bahwa Dimitris Cambis, yang memiliki perusahaan perkapalan Yunani, berada di tengah-tengah “operasi rahasia” untuk menyamarkan asal kargo minyak Iran.

Para pejabat AS mengatakan bahwa Mr. Cambis dan perusahaans yang dikendalikannya, membeli setidaknya delapan tanker minyak dengan tujuan mengisi mereka dengan minyak Iran yang akan dijual kepada pelanggan internasional yang tidak mengetahui dari mana minyak itu berasal.

Para pejabat tidak akan memberikan nilai pada jumlah minyak yang dijual di bawah skema, tapi mereka juga mengatakan bahwa masing-masing tanker dapat membawa kargo sampai 200 juta dolar.

“Hari ini kami mengangkat tabir pada skema Iran yang rumit dan dirancang untuk menghindari sanksi minyak internasional,” kata David Cohen, wakil untuk terorisme dan intelijen keuangan di Departemen Keuangan AS.

Categories