Schlumberger Luncurkan Layanan baru Wireline Formation Service

Schlumberger, Senin ini memperkenalkan Saturn 3D, alat penyelidik(probe) radial sebagai modul terbaru untuk MDT – Modular formation Dynamics Tester. Dengan Saturn probe, konsumen bisa memperolah pengukuran tekanan dan sampel cairan di tempat yang mana sebelumnya mereka tak bisa jangkau karena kondisi reservoir.

“Konsumen mengharapkan Schlumberger dapat sepenuhnya mengenali karakter cairan reservoir, dalam lingkungan kompleks reservoir saat ini,” ujar Catherine MacGregor, President, Schlumberger Wireline.”Meskipun reservoir yang ada sulit di konsolidasikan, memiliki permeabilitas rendah atau mengandung minyak berat, kini kita bisa menampilkan pengukuran tekanan dan analisa fluida lubang bawah dan membawa sampel berkualitas tinggi ke permukaan.”

Saturn probe terdiri dari empat probe hisap berbentuk elips dipasang pada interval  90 derajat secara circumferential mengelilingi alat, memberikan permukaan area aliran yang paling luas dibandingkan probe lain yang ada di industri saat ini – 500 kali lebih luas dari probe standar.

Menganalisa reservoir menggunakan lebih dari 85 seting alat, Satrun probe telah dijalankan di Amerika Selatan, Afrika dan Timur Tengah, di lingkungan darat hingga laut. Di Meksiko, Saturn probe sukses mengambil sampel fluida serendah 7 API gravity dari formasi yang tak terkonsolidasi dengan tekanan kuat bebas serendah 300 psi, yang mana akan sulit bila menggunakan probe konvensional. Di Timur Tengah, Saturn probe mengambil sampel fluida dalam formasi dengan mobilitas kurang dari 2mD/cP, memungkinkan pelanggan untuk secara akurat mengidentifikasi lokasi titik kontak hidrokarbon-air.

Categories