Schlumberger Mengambil Saham Minoritas Antonoil Cina

Anton Oilfield Service Group, penyedia jasa layanan ladang minyak terkemuka di Cina, hari ini (9/7) mengumumkan bahwa Schlumberger telah mengakuisisi 423.361.944 saham Antonoil, yaitu mewakili 20.10%  saham yang diterbitkan Group milik Antonoil.

Schlumberger sendiri merupakan perusahaan penyedia jasa ladang minyak yang sangat disegani di industri ini.Schlumberger sendiri fokus dalam penyediaan teknologi, solusi informasi dan manajemen proyek terintegrasi yang mengoptimalkan kinerja reservoir bagi pelanggan mereka di industri migas. Pendapatan Schlumberger di tahun 2011 mencapai US$39.5 milyar. Saat ini Schlumberger telah terdaftar di New York Stock Exhange, Euronext Paris, Euronext Amsterdam, London dan bursa saham SWX Swiss.

Dengan meningkatnya pengaruh Cina di arena energi global, perusahaan layanan ladang minyak dunia telah mengubah pandangan mereka terhadap pasar RRC dan meningkatkan investasi mereka di sana. Perusahaan layanan ladang minyak Cina juga telah menyadari pentingnya memperkuat pasar dengan meningkatkan kerjasama mereka dengan partner global. Akuisisi Schlumberger atas Antonoil ini menjadi tonggak baru nan penting dalam bisnis layanan ladang minyak di Cina.

Antonoil pertama kali menandatangani perjanjian kerjasama strategis dengan Schlumberger di 2010, memperluas area pemboran cair dan layanan well-cementing. Setelah kerjasama dua tahun yang berjalan mulus dan saling menguntungkan, akhirnya Schlumberger memutuskan mulai memegang saham minoritas. Selain diharap saling menguntungkan, Antonoil percaya langkah ini memungkinkan kolaborasi lebih dekat pada layanan terpadu yang akan memungkinkan kedua belah pihak memanfaatkan peluang yang luas di pasar RRC.

Antonoil menekankan bahwa Schlumberger sebagai pemegang saham minoritas tidak akan terlibat dalam pengelolaan Antonoil dan kerjasama dengan mitra bisnis lainnya. Antonoil akan terus beroperasi secara independen dan mengembangkan bisnisnya dibawah roadmap strategis & strategi bisnis mereka. Group ini juga tetap akan mempertahankan keterbukaan untuk memperluas kerjasama dengan pemain global lainnya. Selama sepuluh tahun terakhir Anotonoil telah sukses menjalankan komitmen untuk terus mempromosikan penerapan teknologi baru di sector ini. Antonoil dianggap cukup sukses berkontribusi pada kemajuan industry minyak Cina dengan layanan berkualitas tinggi namun dengan harga sangat kompetitif.

Pimpinan Antonoil menyatakan bahwa Antonoil menyambut baik Schlumberger sebagai pemegang saham minoritas Group ini. Ini menunjukkan pentingnya pasar Cina di bisnis jasa ladang minyak internasional, juga menunjukkan pengakuan yang baik terhadap Antonoil. “Kemitraan ini akan memiliki dampak positif pada industry jasa ladang minyak Cina dan mempromosikan kemajuan teknologi di pasar lokal  yang pada akhirnya menguntungkan pelanggan kami,” papar CEO Antonoil, Mr. Luo Lin. Dengan kerjasama investasi dari Schlumberger ini, Antonoil mengharapkan pengertian dan dukungan dari semua Stakeholders.

Categories