Sistem Solar Photovoltaic Thermal Baru Lebih Efisien Hasilkan Listrik dan Panas

Sebuah terobosan baru di bidang teknologi tenaga matahari telah ditemukan oleh para peneliti. Mereka berhasil membuat sistem solar photovoltaic thermal baru yang mampu menghasilkan listrik dan panas yang lebih efisien.

Solar PVT biasanya dibuat dari crystal silicon cells yang bisa menghasilkan listrik namun kurang untuk panas. Sementara dua orang peneliti bernama Stephen Harrison dan Joshua Pearce telah mendesain dan menguji coba sebuah amorphous silicon cells baru di dalam sistem PVT. Riset tersebut mengobservasi peningkatan panas di dalam sistem tersebut lantaran beroperasi dalam temperature yang tinggi dan menghasilkan solar electric 10 persen lebih banyak.

Amorphous silicon memiliki banyak keuntungan dibandingkan crystal silicon. Membutuhakn material yang lebih sedikit, pembuatannya memakan biaya yang lebih murah dan diyakini mampu memberikan keuntungan yang lebih besar. Peneliti juga menemukan fakta bahwa amorphous silicon solar cells bisa dibuat menjadi cells yang lebih tebal selama dioperasikan dalam temperature yang tinggi di dalam sistem PVT.

Riset ini membuka aplikasi baru dari amorphous silicon dan membuat PVT menjadi lebih ekonomis. Kami butuh listrik tenaga surya dan pemanas tenaga matahari di Kanada. Dan sekarang prang bisa memiliki keduanya yang dikombinasikan di dalam sebuah kemasan.

Categories