SPDC Melengkapi Penjualan Sewa Tambang Minyak Nigeria ke 8

The Shell Petroleum Development Company of Nigeria Limited (SPDC), anak perusahaan dari Royal Dutch Shell plc ( Shell) (NYSE: RDS.B) telah menyelesaikan tugas dari bagian 30% Sewa Tambang Minyak (Oil Mining Lease 30 –OML30) di Delta Niger untuk Shoreline Natural Resources Limited (Shoreline). Jumlah kas dihasilkan untuk Shell berjumlah kira-kira US$ 567 juta.

Divestasi ini merupakan bagian dari pembentukan ulang portofolio onshore untu SPDC dan sejalan dengan tujuan pemerintah federal Nigeria untuk membangun perusahaan Nigeria yang berkecimpung dalam bisnis hulu minyak dan gas.

Shell telah berada di Nigeria selama lebih dari 50 tahun dan tetap berkomitmen untuk menjaga kehadiran jangka panjangnya di sana, baik lepas pantai maupun di darat. Melalui SPDC dan perusahaan Nigeria lainnya, Shell bertanggung jawab menghasilkan minyak dan gas yang diperlukan untuk bahan bakar pertumbuhan ekonomi dan industry yang menghasilkan kekayaan bagi bangsa dan hasilkan lapangan perkerjaan untuk Nigeria.

OML30 meliputi area seluas 1.097 kilometer persegi termasuk di dalamnya Kokori, Afiesere, Oweh, Olomore, eriemu, Evwerni, Oroni dan Isioka dan fasilitas terkait lainnya. Infrastruktur yang didivestasikan mencakup sebagian besar pipa utama Trans Forcados dari OML30 ke manifold sungai Forcados. Sisa pipa sepanjang 8 km menuju terminal Forcados akan tetap diurus dengan perusahaan patungan SPDC. Tambang yang didivestasi memproduksi sekitar 35.000 barel per hari, minyak dan kondensat (100%).

Total E&P Nigeria Limited (10%) dan Nigerian Agip Oil Company Limited(5%0 juga telah mendapat saham dalam sewa tambang ini, akhirnya memberikan 45% saham untuk Shoreline.

Categories