SPDC Menyelesaikan Pinjaman Tambang Minyak Nigeria

Shell Petroleum Development Company of Nigeria Limited (SPDC), sebuah anak perusahaan Royal Dutch Shell plc(Shell) menyelesaikan perjanjian 30% kepemilikannya di Oil Mining Lease 40 (OML) di Niger Delta untuk Elcrest Exploration and Production Nigeria Limited. Total uang yang diproses SPDC mencapai US$ 102 Juta.

Divestasi ini bagian dari strategi Shell untuk memfokuskan kembali saham di onshore Nigeria dan sejalan dengan tujuan pemerintah federal Nigeria yang bertujuan membangun perusahaan Nigeria di bisnis hulu migas. Termasih dalam lisensi ini enam perjanjian sewa onshore telah diselesaikan oleh SPDC di Nigeria sejak 2010 lalu.

“ Divestasi ini menandai langkah lain dalam strategi untuk memfokuskan kembali portofolio SPDC. SPDC diposisikan dengan baik untuk peluang investasi dan pengembangan di segala bidang, termasuk gas domestik, yang akan dijalankan dengan dukungan pemerintah kami, mitra pemerintah dan rakyat Nigeria” papar Mutiu Sunmonu, Country Chairman Shell di Nigeria.

Shell telah berada di Nigeria lebih dari 50 tahun dan tetap berkomitmen untuk menjaga keberadaannya secara jangka panjang – baik di darat dan lepas pantai. Melalui SPDC dan perusahaan Nigeria lainnya, secara bertanggung jawab menghasilkan migas yang diperlukan untuk bahan bakar pertumbuhan ekonomi dan industri yang akan menghasilkan kekayaan bagi bangsa dan pekerja Nigeria.

Elcrest Exploration and Production Nigeria Limited adalah konsorsium milik Nigeria yang secara mayoritas membentuk Starcrest Nigeria Energy Limited dan Eland oil and Gas Limited. OML 40 mencakup area 498 kilometer persegi, termasuk ladang Opuama, Abiala dan Adagbassa Creek  serta fasilitas terkait lainnya. Operasi di sana telah ditutup sejak 2006 akibat aktivitas kaum militan.

Keseluruhan E&P Nigeria Limited (10%) dan Nigeria Agip Oil Company Limited (5%) telah menaruh sahamnya untuk dipinjamkan, akan memberikan 45% saham bagi pembeli.

Seluruh persetujuan telah diterima dari otoritas terkait dari pemerintah federal Nigeria dan Nigerian National Petroleum Corporation.

Categories