Statoil Ekspansi ke Kutub Utara

Statoil sedang meningkatkan aktivitasnya di Kutub Utara dan akan mengebor Sembilan sumur selama masa kampanye eksplorasi nonstop Norwegian Barents 2013. Perusahaan ini juga berencana untuk memenuhi tantangan pembangunan di Arctic dengan meningkatkan anggaran riset teknologi di Kutub Utara hingga tiga kali lipat.

Pengalaman eksplorasi Statoil di Barents sendiri sudah cukup banyak. Dari sekitar 94 sumur eksplorasi yang dibor di Laut Barents Norwegia hingga saat ini, Statoil telah terlibat dalam 89 di antaranya. Lebih dari Sembilan sumur saat ini akan mereka operasikan tahun depan.

“Setelah penemuan Skrugard dan Havis, kami masih melihat peluang yang menarik di sini. Ini adalah daerah yang kurang menantang, karena Barents di Norwegia merupakan salah satu daerah di Kutub Utara yang memiliki zona bebas es sepanjang tahun. Kami juga melihat peluang untuk memanfaatkan pengalaman yang kita dapat di sini untuk mengeksplorasi lokasi lain di Kutub Utara di kemudian hari,” jelas Executive Vice President Statoil Exploration, Tim Dodson.

Statoil akan memulai pengeboran di Nunatak wilayah Skrugard Desember mendatang dan akan menyelesaikan empat sumur dalam waktu enam bulan.

Categories