Statoil & ExxonMobil Raih Gas di Blok 2 Tanzania

Statoil ASA dan ExxonMobil Corp. berhasil menemukan gas di sumur ketiga di perairan dalam yang diperkirakan memiliki kandungan gas 4 sampai 6 tcf di Blok 2 lepas pantai Tanzania. Sumur Tangawizi 1 juga diperkirakan memiliki kandungan gas total sebesar 15 sampai 17 tcf. Lokasi tersebut perada di kedalaman 2,300 meter di Tertiary 10 km dari lokasi penemuan di Zafarani dan Lavani.

Menurut pernyataan Statoil, pihaknya telah menyelesaikan lima sumur di blok dalam waktu 15 bulan dan akan melakukan lebih banyak pengeboran di akhir tahun ini. MEreka juga mengerjakan lebih banyak prospek di Blok 2 dan telah melakukan seismic 3D di area yang sebelumnya hanya discover oleh seismic 2D. “Volume gas di rentang 10 – 13 tcf membuat kami harus melakukan pertimbangan tersendiri untuk menentukan keputusan di proyek LNG yang potensial ini,” jelas Executive Vice President of Exploration Statoil, Tim Dodson.

Statoil mencatat bahwa Tangaziwi sejatinya merupakan penemuan ke empat dalam kurun waktu setahun belakangan, tidak hanya didahului oleh Zafarani -1 dan Lavani – 1 namun juga penemuan reservoir terpisah di Lavani-2.

Categories