Statoil Umumkan Rencana Pembangunan Terminal Minyak di Veidnes

Statoil dan para mitra kerjanya telah memilih konsep pembangunan untuk bidang Skrugard di Laut Barents.

Konsep ini mencakup unit produksi terapung dengan pipa ke pantai dan terminal minyak dari lapangan Skrugard di Veidnes luar Honningsvag di Finnmark. Lahannya sendiri dijadwalkan akan mulai beroperasi pada tahun 2018.

Keputusan untuk membawa minyak Skrugard darat di Veidnes merupakan elemen kunci dari pengembangan lebih lanjut dari minyak Norwegia dan industri gas. Hal ini dapat memicu era industri baru.

“Pemilihan konsep ini akan memudahkan eksplorasi lebih lanjut dan membantu membuat penemuan masa depan yang menguntungkan, “kata Oystein Michelsen, Wakil Presiden Eksekutif untuk Pengembangan dan Produksi Norwegia (DPN).

280-kilometer pipa

Aset Skrugard dan Havis akan memiliki infrastruktur umum. Produksi dari Skrugard dan Havis akan terikat ke instalasi semi-submersible mengambang melalui sistem produksi bawah laut yang terletak di sekitar 380 meter dari air. Produksi diperkirakan mencapai hampir setara dengan 200.000 barel minyak per hari.

Minyak akan diangkut melalui pipa sepanjang 280 kilometer dari Skrugard ke Veidnes, diluar Honningsvag. Ini akan disalurkan langsung ke fasilitas penyimpanan minyak dan disimpan di dua gua-gua pegunungan. Minyak akan dikirim dari sana dalam pipa ke dermaga untuk kemudian ditransportasikan oleh kapal tanker. Sekitar 50-100 kapal tanker minyak akan dioperasikan di terminal setiap tahunnya.

“Ini adalah bagian dari ambisi kami  membuat Norwegia Utara menjadi sumber minyak besar di wilayah tersebut. Kami sangat senang telah memilih konsep yang baik dan berharap bahwa ini dapat membentuk dasar bagi kemitraan yang berharga dengan pemerintah daerah dan industri juga di masa depan,” kata Michelsen.

Categories