Studi Menunjukkan Potensi Pengembangan Minyak dan Gas di Alberta, Canada

Alberta, Kanada bisa menjadi ‘rumah’ bagi sejumlah besar sumber daya minyak dan gas serpih. Demikian temuan dari penelitian terbaru oleh Alberta Energy Resounces Conservation Board and Alberta Geological Survey.

Penelitian tersebut mengungkapkan “shale formation” di provinsi ini kemungkinan berisi sebanyak 3.324 triliun kubik gas alam, 56.6 miliar barel cairan gas alam dan 423.6 miliar barel minyak, demikian dilaporkan Reuters. Jika perkiraan tersebut terbukti benar, maka deposito migas Kanada bisa menjadi setara dengan yang terlihat dari keberadaan “shale”/”serpih” di Amerika Serikat. Itu juga berarti bembelian sewa tanah baru-baru ini di Alberta kemungkinan akan terbukti menghasilkan keuntungan produksi yang mengesankan bagi perusahaan minyak dan gas.

Minyak serpih Alberta saat ini dipandang sebagai deposit minyak mentah terbesar ke tiga di dunia, namun studi terbaru menunjukkan kalau provinsi ini memiliki potensi lebih untuk mengembangkan sumber daya alam mereka, demikian dilaporkan Energetic City. Berita itu telah menarik perhatian beberapa pengembang dan perusahaan besar seperti Encana Corp., Chevron Corp. dan Talisman Energy, yang telah menyatakan minatnya untuk membeli ha katas tanah untuk membuka cadangan minyak dan gas (di Alberta).

Categories