Sudan Selatan Akan Membagi Blok Minyak yang Diklaim oleh Total

Pemerintah  Sudan Selatan yang baru-baru ini dibentuk berencana untuk membagi sebuah blok eksplorasi minyak yang dimiliki oleh perusahaan Prancis, Total. Demikian laporan ekslusif Reuters.

Total telah memiliki ha katas Blok B yang sangat besar selama beberapa decade, sebuah kesepakatan yang telah diadakan dengan pemerintah Sudan di Khartoum sebelum Sudan terpecah menjadi dua Negara akibat perang saudara berkepanjangan.

Tak lama setelah pembentukan Sudan Selatan, pemerintah mengklaim hak untuk menegosiasikan kembali kontrak pertama yang telah disepakati dibawah pemerintahan sebelumnya. Pejabat dari Sudan Selatan telah secara teratur menyatakan dengan Total karena penolakannya untuk me-restart eksplorasi minyak di blok, berkat kekhawatiran tentang kekerasan di wilayah tersebut.

Sebagai tanggapan, Pemerintah Sudan Selatan akan mengumumkan Blok akan dibagi antara Total, ExxonMobil dari AS dan Kufpec, perusahaan minyak nasional Kuwait.

“Dua lainnya akan dimasukkan pada tender… ini akan segera terjadi,” ujar Menteri Informasi, Barnaba Marial Benjamin pada Reuters. “Kementrian telah memberi lampu hijau untuk terus maju dengan hal itu.”

Sebagaimana dilaporkan, The Associated Press mencatat bahwa Negara itu (Sudan Selatan)  tidak mungkin mendapatkan produksi minyak penuh, sampai setidaknya setahun setelah pertempuran dengan Sudan, April lalu.

Categories