Tanzania Impor Diesel

Pihak Otoritas Pelabuhan Tanzania telah menurunkan kapal tanker pertama untuk diantarkan ke single-point mooring (SPM) lepas pantai yang proses instalasinya dikerjakan oleh Leighton Offshore. Kapal tersebut akan mengisi diesel lewat SPM ke sebelah tenggara pelabuhan Dar Es Salaam.

Leighton bertanggung jawab terhadap rancangan, pengadaan, fabrikasi, isntalasi, engineering dan precommissioning dari SPM pengganti serta sistem saluran pipa. SPM dan sistem pipa bisa mengakomodasi hingga 150,000 dwt untuk membawa minyak mentah atau diesel.

Ruang lingkup pekerjaan Leighston meliputi transportasi, penggalian lepas pantai, instalasi sistem SPM (termasuk pipa manifold end-plate dan mooring system) serta konstruksi dan jalur pipa lepas pantai. Pengerjaan tersebut termasuk sistem pigging lengkap melalui SPM dan pipa serta penggalian lewat zona intertidal. Perusahaan ini juga membangun satu OD 24 inci dan satu OD 28 inci jaringan pipa onshore melalui pantai menuju tanki penampung.

Awal tahun ini pemerintah Tanzania menandatangani perjanjian pinjaman dengan Export-Import Bank of China senilai $ 1,2 milyar untuk perluasan infrastruktur energy. Sebagian besar akan digunakan untuk pembangunan fasilitas di daratan maupun proyek jaringan pipa lepas pantai.

Categories