Temuan Gas Petronas Serawak Mencapai Kedalaman Ideal

Petronas Malaysia telah membuat dua penemuan gas yang cukup besar di lepas pantai Sarawak. Salah satunya merupakan sumur terdalam yang dimiliki perusahaan dan sumur suhu tinggi, temperature-tinggi yang diselesaikan.

Petronas Carigali membor Tukai Timur Deep-1 mencapai rekor 4.830 meter di atas blok SK307 dan menemukan 12 gas-bearing reservoir dengan ketebalan gabungan bersih 183 meter.

Asesmen awal mengindikasikan gas yang terdapat di ladang Tukau Timur sekitar 2.1 tscf, demikian dilaporkan Petronas. Pekerjaan berikutnya adalah memulai untuk memperkirakan kisaran volume terpulihkan.

Petronas Carigali adalah operator dari blok SK307 dengan 50% saham, sedangkan Sarawak Shell Bhd memegang 50% sisanya.

Sementara itu, Petronas menemukan ladang Kuang North pada blok SK 316 dengan estimasi 2.3 tscf gas di tempat dengan bagian karbonat yang lebih tua, ini membuka tipe peran eksplorasi baru yang disebut petronas sebagai “potensi hidrokarbon yang besar”.

Petronas menemuka ladang Kuang North dengan sumur eksplorasi Kuang North-1 dan 2. Kuang North-2 mencapai kedalaman 3.223 meter dan menembus 636 meter kolom gas. Menurut catatan Petronas, Blok SK316 juga berisi ladang gas penemuan terkini, Kawasari dan NC8.

Categories