Thailand Siap Tingkatkan Rasio Camouran Biodiesel Hingga 5%

Thailand sedang bersiap untuk meningkatkan program biodiesel dengan menaikkan rasio campuran palm methyl ester atau PME dalam gasoil hingga 5% yang mulai efektif 1 November mendatang. Para pengolah telah diinformasikan oleh pihak berwenang untuk meningkatkan kandungan PME yang saat ini baru mencapai 4% akibat kekurangan pasokan minyak sawit mentah.

Thailand wajib mengenalkan regulasi baru tersebut awal tahun ini, namun akibat menurunnya produksi minyak sawit yang brimbas pada kurangnya pasokan, mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan baru. Menurut Thai Biodiesel Production Association, target pencampuran hingga 5% tersebut diharapkan dapat meningkatkan permintaan PME local dari sector transportasi menjadi 2.4 juta hingga 2.5 juta liter per hari dari 2 juta liter saat ini.

Menurut estimasi Department of Alternative Energy Development & Efficiency konsumsi PME di Thailan saat ini mencapai 2,8 juta liter per hari di 2012 dibandingkan 1,8 juta – 1,9 juta di tahun lalu. Thailand secara resmi meluncurkan program biodiesel dengan B2 yang akhirnya menjadi kewajiban di Februari 2008 dan pindah ke B3 pada Juli 2010 dan B4 setahun kemudian.  Angka dari Department of Energy Business menunjukkan bahwa konsumsi gasoil Thailand pada delapan bulan pertama tahun ini membengkak 7.2 % year on year menjadi 356,033 barrel per hari.

Categories