Total Akuisisi 40% Blok Lepas Pantai Myanmar

Total mengumumkan penandatanganan sebuah perjanjian dengan PTTEP untuk sebuah akuisisi 40% saham dalam Production Sharing Contract meliputi lepas pantai Block M-11 di cekungan Martaban. PTTEP(PTT Exploration and Production Plc.), perusahaan nasional Thailand akan mempertahankan pengoperasiannya. Blok tersebut mencakup area seluas 5373km persegi dengan kedalaman air antara 200 sampai 2300 meter. Tahp eksplorasi terkini menantikan pengeboran sumur pada kuartal tiga 2013.

Yves-Louis Darricarrere, Presiden Total Upstream berkomentar mengenai penandatanganan tersebut: “Dengan akuisisi ini, Total akan membawa para ahli sumur lepas pantai yang teknologinya telah terbukti dan dikenal dunia, untuk berkontribusi pada aktivitas eksplorasi di Myanmar dan berpotensi membangun sumber hidrokarbon Negara tersebut. Dengan demikian Total terus mendukung pertumbuhan dan terbukannya ekonomin Negara. PTTEP adalah mitra bersejarah kami di wilayah ini dan di Myanmar kami telah bekerja sama dengan sukses pada proyek Yadana,”

Transaksi ini akan membutuhkan persetujuan Uni Otoritas Myanmar.

Total di Myanmar

Ekuitas produksi Total di Mytanmar berada di angka 15.000 barel setara minyak perhari pada 2011, Total mengoperasikan ladang Yadana(31,2%) terletak di lepas pantai Block M5 dan M6. Gas yang diproduksi di ladang tersebut dihantarkan utamanya untuk PTT yang menggunakannya untuk pembangkit listrik Thailand. Ladang Yadana juga memasik pasar domestik melalui pipa tanah dan sejak Juni 2010 pipa bawah laut dibangun dan dioperasikan oleh BUMN Myanmar, MOGE.

Proyek Yadana mempekerjakan sekitar 900 orang, termasuk kontraktor, lebih daro 90% staf telah direkrut secara local di Myanmar dan disertai dengan program pelatihan berkelanjutan.

Sebagai operator jangka-panjang di Myanmar, Total telah mengimplementasikan program CSR komprehensif sejak 1995 di bidang kesehatan, pendidikan, dan mendukung program ekonomi dan social, untuk memaksimalkan manfaat bagi seluruh stakeholder proyek Yadana, utamanya penduduk local yang tinggal di sekitar fasilitas proyek tersebut.

Categories